Senin, 24 Mei 2010

Peluang dan sifatnya

Setiap dari kita pasti pernah mendengar istilah peluang. Menurut KBBI, peluang disamakan dengan kesempatan. Pernyataan peluang ada dimana-mana baik di koran, televisi ataupun percakapan sehari-hari. Pernyataan yang anda dengar bisa saja:

* Kemungkinan gerimis hari ini sebesar 60 %.
* Kemungkinan anda menang undian lotre ialah satu berbanding satu miliar.
* Kemungkinan anda menutup hidung anda selama sejam dan anda masih bertahan hidup ialah NOL. Kenapa nol? Karena hal itu impossible alias tidak mungkin terjadi.

Kemungkinan menggambarkan ketidakpastian, dan kita menamakannya ukuran peluang.

Peluang memiliki kaitan erat dengan keacakan dan ketidakpastian.

Keacakan berarti kita tidak bisa memprediksi suatu kejadian. Salah satu contoh keacakan ialah ketika kita melakukan lempar koin. Jika diasumsikan koinnya seimbang maka hasil yang didapatkan bisa saja muka koin atau ekor koin. Jika dilempar lima kali berturut, misalnya, maka hasil yang didapatkan pada tiap lemparan bisa saja berbeda.

Ketidakpastian juga menjadi sifat dari peluang. Sebagai contoh, daerah A sedang melakukan Pemilukada. Melalui suatu survei internal dari Partai ABC didapatkan kesimpulan bahwa tokoh X memiliki tingkat elektabilitas yang tinggi dari masyarakat untuk menjadi Kepala Daerah A. Karena itu partai ABC mengusung tokoh X untuk maju dalam pemilihan Kepala Daerah. Namun apakah ada yang bisa menjamin bahwa tokoh tersebut bisa benar-benar memenangi Pemilukada di daerah A? Hal inilah yang menyebabkan ketidakpastian. Kepastian hanya bisa didapatkan setelah pemungutan suara selesai di daerah tersebut.

Jika suatu kejadian memiliki unsur keacakan dan ketidakpastian maka diperlukan istilah ukuran peluang, Peluang berusaha mengukur keacakan dan ketidakpastian tersebut dalam suatu angka matematis. Jika anda berucap “Saya yakin akan memenangi undian!”, maka hal itu belum menggambarkan besaran keyakinan anda. Hal itu akan lebih baik bila diucapkan: “Saya yakin 90 % akan memenangi undian!”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar